deskripsi gambar

Setelah Menderita 10 Tahun, Batu Ginjal Pria Ini Seberat 1,5 Kg Berhasil Dikeluarkan

Batu Ginjal Seberat 1,5 Kg (Foto: Chan To General Hospital)
SULAWESIPERS-- Penyakit Batu ginjal merupakan hal yang sering terjadi pada manusia. Namun berbeda kali ini yang terjadi di kota Can Tho, Vietnam. Seorang pria berusia 51 tahun dilaporkan rumah sakit setempat memiliki batu ginjal dengan ukuran panjang 15 cm, lebar 6 cm, dan beratnya 1,5 kilogram.

Menurut rumah sakit, pria itu sebetulnya sudah merasa kesakitan selama 10 tahun terakhir namun terlalu takut untuk mencari bantuan medis. Ia baru dilarikan ke rumah sakit setelah dirinya benar-benar kesulitan untuk kencing.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (1/6/2016), dr Le Phuoc Loc selaku dokter urologi di Can Tho General Hospital yang menangani kasus mengatakan batu ginjal tersebut sukses dikeluarkan. Nyawa sang pria tak terancam dan ia kini dilaporkan tengah memulihkan diri pasca operasi.

Spesialis okupasi dr Radite Nusasenjaya, MKK, SpOK, dari RS Bethsaida menjelaskan batu ginjal sendiri dapat mudah terbentuk apabila seseorang kurang minum dan sering terpapar matahari. Oleh karena itu untuk pria yang sering bekerja di lapangan faktor tersebut harus jadi perhatian.

Dengan panas tubuh yang tinggi cairan akan lebih banyak keluar lewat keringat sehingga urine pun menjadi pekat dan kristal akan mudah terbentuk.

"Jadi kalau dia pengeluaran urinenya rendah di bawah 1,5 liter sehari ditambah bekerja di lingkungan yang panas, maka kemungkinan terkena batu ginjalnya bisa sampai 7,64 kali," kata dr Radite kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Batu ginjal adalah kristalisasi beberapa senyawa yang terjadi di ginjal dan ukurannya bisa beragam mulai dari sekitar 4 milimeter (mm) hingga di atas 2 centimeter (cm). Semakin besar ukurannya maka semakin besar pula kemungkinan batu tersangkut dalam saluran kemih dan menimbulkan masalah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setelah Menderita 10 Tahun, Batu Ginjal Pria Ini Seberat 1,5 Kg Berhasil Dikeluarkan"

Posting Komentar